Konsep Jaringan Komputer

white and blue cables
Photo by Brett Sayles on Pexels.com

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah beberapa perangkat komputer yang saling terhubung melalui media transmisi untuk saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Komunikasi yang terjadi pada jaringan komputer diatur oleh sebuah protokol. Sebuah jaringan dapat dikatakan terhubung apabila perangkat yang ada dalam jaringan tersebut bisa saling bertukar data/informasi dan berbagi sumber daya yang dimiliki.

Manfaat Jaringan Komputer

Resource Sharing

Dengan adanya jaringan komputer, berbagi sumber daya (resource) dapat dilakukan tanpa terkendala jarak yang meliputi:

  • Data Sharing, dengan adanya jaringan komputer kita bisa dengan mudah berbagi data seperti dokumen, gambar, video, dll. dengan kolega yang ada di lokasi yang jauh.
  • Hardware Sharing, jika dulunya satu komputer satu printer, dengan jaringan komputer, satu printer bisa digunakan oleh beberapa komputer sekaligus. Tidak hanya printer, kita juga bisa berbagi media penyimpanan dan banyak hardware lainnya.
  • Internet Access Sharing, jaringan komputer kecil memungkinkan beberapa komputer berbagi satu koneksi internet. Perangkat khusus seperti router memiliki kemampuan mengalokasikan bandwidth dengan mudah untuk komputer yang membutuhkan.

Connectivity dan Communication

Individu dalam sebuah gedung atau workgroup dapat dihubungkan dalam jaringan LAN. Beberapa LAn dengan lokasi berjauhan terhubung ke dalam jaringan WAN. Ketika jaringan sudah terbentuk dan terhubung, maka komunikasi antar user bisa terjadi, misalnya dengan menggunakan teknologi email.

Data Security dan Management

Dalam dunia bisnis, jaringan memberikan kemudahan bagi administrator untuk melakukan manajemen data penting perusahaan dengan lebih baik. Daripada data penting ini ada di setiap perangkat komputer karyawan, yang bisa menyebabkan pengelolaan data dilakukan secara serampangan, akan lebih aman dan lebih mudah ketika data tersebut disimpan secara terpusat menggunakan server. Dengan cara seperti ini, karyawan perusahaan lebih mudah dalam mencari data. Administrator juga dapat memastikan bahwa setiap data di-backup secara teratur. Dan memungkinkan untuk menerapkan security dengan menentukan siapa yang boleh membaca atau menulis data yang bersifat penting.

Performace Enhancement dan Balancing

Dalam kondisi tertentu sebuah jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dari beberapa aplikasi dengan cara mendistribusikan tugas komputasi pada beberapa jaringan.

Entertainment

Jaringan komputer terutama internet biasanya menyediakan banyak jenis hiburan dan permainan. Seperti multiplayer game yang bisa dimainkan oleh beberapa user dalam waktu bersamaan atau sekadar menonton video.

Kekurangan Jaringan Komputer

Biaya Network Hadware, Software dan Setup

Jaringan komputer tidak terbentuk begitu saja, membuat jaringan komputer tentu membutuhkan investasi hardware dan software, perencanaan, desain jaringan, dan implementasi jaringan.

Biaya Manajemen Hardware/Software dan Administrasi

Jaringan komputer membutuhkan perawatan dan pemeliharaan secara berkala oleh IT Profesional.

Sharing yang Tidak diinginkan

Disamping kemudahan dalam melakukan sharing informasi, ada resiko dimana file yang dibagikan terinfeksi oleh virus komputer, dan mudah menyebar.

Perilaku Ilegal atau Tidak Diinginkan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, jaringan komputer memudahkan untuk berkomunikasi, akan tetapi membawa resiko lain, seperti mengambil atau memproduksi konten ilegal, pembajakan, dll.

Data Security Concern

Pada jaringan komputer yang diimplementasikan dengan baik, keamanan data bisa tetap terjaga. Sebaliknya jika implementasi yang terkesan asal-asalan, maka data yang ada dalam jaringan tersebut juga dalam bahaya. Serangan hacker mungkin saja terjadi, sabotase, atau yang cukup riskan adalah untuk mencuri dokumen penting perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *