Web Proxy MikroTik

Proxy adalah suatu komputer server atau aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di internet. Hubungan yang dimaksud di sini adalah ketika client melakukan request terhadap content dari internet. Dengan kata lain proxy merupakan sebuah media keamanan bagi akses jaringan internet kita.

Cara Kerja Web Proxy

Ketika user mengakses sebuah situs, maka web browser akan mengirimkan HTTP request ke server, namun karena komptuer user ini menggunakan web proxy, maka proxy akan menerima request yang dibuat user tadi, kemudian proxy akan membuat HTTP request baru atas nama dirinya. HTTP request baru buatan proxy inilah yang diterima oleh server, kemudian server membalas dengan HTTP response dan diterima oleh proxy, untuk kemudian diteruskan ke web browser user yang sebelumnya melakukan request.

Mengaktifkan Web Proxy

Untuk melakukan setting web proxy terlebih dahulu lakukan konfigurasi router sebagai gateway internet. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, aktifkan dulu service web proxy melalui menu IP -> Web Proxy

Centang pilihan Enable, dan tentukan pada port berapa proxy bekerja, secara default web-proxy bekerja pada port 8080.

Sampai langkah ini, web proxy pada router MikroTik sudah aktif sebagai regular HTTP Proxy. Dengan kata lain jika PC client ingin menggunakan layanan proxy ini, maka harus disetting manual pada web browser masing-masing.

Agar tidak perlu repot-repot melakukan setting web browser, ubah web Proxy MikroTik agar berfungsi sebagai Transparet Proxy. Implementasinya gunakan fitur NAT untuk membelokkan semua traffic browsing HTTP (tcp 80) yang berasal dari client ke web proxy.

Masuk pada menu IP -> Firewall -> NAT

Buat rule baru sebagai berikut: chain=dstnat, protocol=tcp, dst-port=80. Pada tab Action: action=redirect, to port=8080

Demikianlah penjelasan dan cara mengaktifkan Web Proxy di MikroTik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *