Instalasi UserManager Pada MikroTik

MikroTik memiliki fitur UserManager yang dapat digunakan sebagai server RADIUS. RADIUS merupakan singkatan dari Remote Authentication Dial In User Service,  merupakan sebuah protokol jaringan untuk melakukan manajemen user pada jaringan secara terpusat. UserManager dapat digunakan untuk mendistribusikan layanan jaringan secara luas, misalnya hotspot di cafe, kampus, maupun hotel. Dengan membuat satu akun di server RADIUS, kita dapat mengakses akun tersebut melalui router/wireless yang terhubung ke server RADIUS.

Secara default, Package UserManager tidak langsung terinstal pada RouterBoard. Kita dapat menginstal Package tersebut ke RouterBoard. Dalam contoh ini saya akan coba sampaikan langkah-langkah menginstal Package UserManager pada RB951Ui.

Package UserManager dapat diunduh melalui situs resmi MikroTik www.mikrotik.com/downloads. Hal yang perlu diperhatikan sewaktu mengunduh package adalah, versi RouterOS yang kita gunakan, serta arsitektur RouterBoard. Pengecekan dapat dilakukan dengan masuk ke menu System > Resources

resources

Dapat dilihat pada gambar di atas, arsitektur routerboard yang digunakan adalah mipsbe versi 6.46.2 (stable). Jadi yang akan diunduh pada situs MikroTik adalah Extra Package untuk mipsbe versi 6.46.2 (stable). File unduhannya adalah .zip.

downloads

Setelah terunduh, extract file tersebut. Pastikan di dalamnya terdapat user-manager-6.46.2-mipsbe.npk. Unggah file tersebut ke Router MikroTik. Pada Winbox buka menu Files -> klik Tombol Upload.

Pilih file user-manager-6.46.2-mipsbe.npk, lalu klik Open. Tunggu proses unggah selesai. Untuk melihat perubahan terhadap package yang baru diunggah, Reboot router.

Package UserManager telah berhasil terpasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *