PING (Packet Internet Gopher)

Ping adalah sebuah program utilitas yang dapat digunakan untuk memeriksa koneksi jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini dapat diuji apakah sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak diujicoba konektivitasnya, dan menunggu respon darinya.

Cara Menggunakan PING (Windows)

  1. Buka Command Prompt dengan mengklik Start Menu, ketika Command Prompt dan tekan tombol Enter
  2. Pada tampilan yang muncul, keting ping(spasi)ip address tujuan/nama domain tujuan, dan tekan tombol Enter.
  3. Akan muncul 4 respon/tanggapan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai balasan ketika melakukan ping.
    1. Reply from, jika muncul reply artinya komputer tujuan memberikan respon terhadap pesan yang dikirim. Komputer tujuan memberikan pesan kembali terhadap komputer pengirim bahwa pesan yang dikirim sudah diterima. Dengan kata lain, perangkat komputer tujuan masih terhubung dan dapat diakses.
    2. Request Time Out (RTO), berarti tidak ada balasan dari penerima pesan. Packet yang dikirim sudah sampai pada penerima, namun komputer penerima tidak memberikan balasan atau bisa dibilang mengabaikan pesan tersebut. Walau demikian bukan berarti komputer tujuan dalam kondisi down. Penyebabnya bermacam-macam mulai dari firewall, keamanan jaringan, trouble dalam jaringan, dan kerusakan NIC.
    3. Destination Unreachable, jaringan yang dituju tidak bisa diakses. BIasanya jaringan target ada, namun tidak ada jalur menuju ke sana. Kemungkinan lain, router tidak memperbolehkan akses ke jaringan tersebut.
    4. Bytes, merupakan besar packet ping yang dikirim menuju komputer tujuan. Misalnya bytes=32. Apabila kita tidak menentukan besar packet ping yang akan dikirim, maka komputer akan menentukan jumlahnya sebesar 32 bytes.
    5. Time, adalah durasi yang dibutuhkan packet yang dikirim untuk sampai ke tujuan dan waktu yang dibutuhkan penerima untuk memberikan respon bahwa packet sudah diterima. Kualitas koneksi jaringan akan semakin bagus bila waktunya kecil.
    6. TTL (Time to Live), TTL adalah semacam penanda waktu agar packet kiriman ping tidak terus terkirim. TTL menandakan bahwa packet ping harus berakhir dalam jangka waktu tertentu. Ketika packet dikirim dari sebuah komputer TTL-nya bernilai 255 setelah melewati sebuah router nilai TTL berkurang satu. Semakin banyak router yang dilewati maka semakin kecil nilai TTL-nya dan habis atau expired.
    7. Statistics, berisi informasi terkait waktu rata-rata yang dibutuhkan serta jumlah packet yang sampai dan gagal dikirim.

 

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *