SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh Peduli Covid-19

Payakumbuh (ANTARA) – SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh, Sumatera Barat memproduksi 60 liter hand sanitizer atau cairan pencuci tangan, disinfektan dan masker kain yang dibagikan ke puskesmas, RSUD dan masyarakat.

Kepala SMKS 2 Kosgoro Silva Noviza di Payakumbuh, Jumat, mengatakan hand sanitizer dan masker kain tersebut diproduksi ketika belum ada imbauan dari pemerintah untuk meliburkan sekolah.

“Waktu isu COVID-19 baru mulai hangat dibicarakan dan kebetulan masker dan hand sanitizer sudah menghilang di pasaran, karena itu kita punya inisiatif membuatnya,” ujarnya saat memberikan bantuan untuk RSUD Adnaan WD Kota Payakumbuh.

Bahkan, pada produksi pertama kali yang dibuat oleh siswa jurusan farmasi tersebut langsung habis dipesan oleh masyarakat. Setelah itu, pihak sekolah sepakat bahwa hasil yang dibuat muridnya itu tidak diperjualbelikan lagi.

“Jadi kami sepakat untuk membagikannya secara gratis kepada puskesmas, RSUD dan ke masyarakat. Ini lah yang dapat kita perbuat sekarang untuk membantu sesama,” sebutnya.

Untuk saat ini, pihaknya masih memiliki stok hand sanitizer sebanyak 40 liter, sejumlah masker dan disinfektan.

“Yang kedua ini kita membuat hand sanitizer 60 liter dan ratusan masker. Kami belum membagikan semuanya, baru sepertiga, karena kami masih menunggu botol yang masih dipesan,” ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya telah membagikan paket yang berisi masker, hand sanitizer dan disinfektan kepada seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Untuk rumah sakit yang telah diberikan bantuan, yakni RSUD Achmad Darwis dan RSUD Adnaan WD.

“Untuk Puskesmas di Kota sudah ada dua, yakni di Puskesmas Tarok dan Lamposi. Sedangkan untuk masyarakat kita sudah bagikan di beberapa titik,” kata dia.

Dikesempatan yang sama Direktur RSUD Adnaan WD Payakumbuh Efrizanaldi mengatakan untuk saat ini pihaknya memang membutuhkan bantuan dari donatur.

“Alhamdulillah, partisipasi masyarakat kita sangat besar. Kita sudah mendapatkan bantuan seperti masker, hand sanitizer, baju pengaman yang dimodifikasi dari mantel dan lainnya,” ujarnya.

Anggota DPRD Kota Payakumbuh YB. Dt. Parmato Alam mengatakan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh SMKS Kosgoro ini, sebab dalam penanganan COVID-19 memang sangat diharapkan kerja sama dan partisipasi seluruh masyarakat.

“Jika bersama-sama kita pasti dapat melewati ini, jika seluruhnya mau membantu dan mengingatkan sesama tentu kita dapat mengantisipasi penyebaran COVID-19,” kata dia.

Sumber: https://sumbar.antaranews.com/berita/342790/produksi-sendiri-smks-2-kosgoro-payakumbuh-bagikan-masker-dan-hand-sanitizer-secara-gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *