Cara Mengakses Routerboard MikroTik

Jika ingin mengakses Router MikroTik kita cukup menghubungkan salah satu interface MikroTik dengan port Network Interface Card pada PC/Laptop. Kabel yang dapat digunakan adalah jenis kabel UTP jenis straight. Secara default, ether2 pada Routerboard memiliki IP Address default 192.168.88.1/24, sehingga untuk pertama kali mengakses, set IP Address pada PC menjadi 192.168.88.2/24.

Untuk melakukan konfigurasi router bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menggunakan web browser, Telnet, SSH (putty) maupun Winbox.

Webfig

MikroTik Router dapat dikonfigurasi menggunakan web browser. Anda tinggal memasukkan IP Address 192.168.88.1 pada kolom address bar browser. Jika menggunakan Webfig untuk konfigurasi, maka Anda tidak akan dapat mengkonfigurasinya secara lengkap. Beberapa menu konfigurasi tidak tersedia pada interface web ini, seperti jika Anda ingin melakukan routing.

Telnet

Telnet merupakan aplikasi lawas yang banyak digunakan untuk melakukan konfigurasi router maupun server. Router MikroTik secara default juga dapat dikonfigurasi menggunakan telnet. Jika menggunakan telnet, Anda diharuskan menggunakan command line interface (berbasis teks) untuk mengkonfigurasi Router Mikrotik. Dengan menggunakan konfigurasi menggunakan teks, maka semua menu dari konfigurasi akan Anda dapatkan, tidak seperti WebBbox yang hanya menyediakan menu-menu standar.

Melakukan akses ke router menggunakan aplikasi telnet sangat berbahaya  karena rawan terhadap serangan penyadapan data. Ini karena telnet tidak melakukan enkripsi (pengacakan data) pada saat Anda mengkonfigurasukan router. Sehingga username dan password Anda dapat diketahui orang lain jika mereka melakukan penyadapan.

Secure Shell (SSH)

Untuk mengakses router dengan cara lebih aman, Anda dapat menggunakan protokol Secure Shell (SSH) dengan bantuan aplikasi. Salah satunya adalah Putty. Perbedaan SSH dengan Telnet adalah dari fitur enkripsi yang dimiliki SSH. Fitur enkripsi membuat data lebih aman.

Untuk menggunakan Putty dengan menggunakan protokol SSh, anda dapat langsung menjalankan aplikasi tersebut. Isikan IP Address router pada kolom hostname, kemudian klik Open.

Winbox

Cara paling banyak untuk mengakses router Mikrotik adalah menggunakan aplikasi WinBox. Aplikasi WinBox mempunyai sebuah kelebihan yaitu dapat melakukan konfigurasi sekalipun Anda tidak mengkonfigurasikan IP Address secara benar pada PC maupun pada router itu sendiri. Winbox dapat berjalan dengan mengandalkan MAC Address, tentu hanya bisa dilakukan jika PC menjalankan WinBox terhubung satu jaringan dengan Router Mikrotik.

Walaupun aplikasi Winbox merupakan aplikasi berbasis grafik (GUI), Anda tetap dapat menggunakan command line melalui menu Terminal pada Winbox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *