Konfigurasi VLAN MikroTik (bagian 1)

Topologi yang digunakan

Akses Router utama menggunakan aplikasi Winbox.

Tampilan Awal Winbox

Buat interface VLAN baru. Pilih menu Interface. Lalu klik tombol (+), dan pilih VLAN. Pada tampilan yang muncul atur VLAN ID = 10, Interface = ether4. Klik Apply lalu OK.

Tampilan New VLAN

Buat satu buah VLAN, namun untuk VLAN ID = 20, Interface = ether4. Setelah itu pada menu tampilan Interface List akan muncul seperti berikut:

Interface List setelah menambahkan VLAN

Setelah berhasil membuat dua interface baru, langkah selanjutnya adalah menambahkan IP Address untuk masing-masing VLAN. Pilih menu IP > Address.

Menu IP -> Address

Tambahkan IP Address baru, Address = 192.168.1.1/24, Interface = vlan1. Tambahkan IP Address berikutnya Address = 172.16.1.1/24, Interface = vlan2.

Buat IP Address untuk VLAN

Setelah berhasil menambahkan IP Address, akan muncul tampilan seperti berikut.

Tampilan Address List

Langkah selanjutnya adalah membuat DHCP Server untuk masing-masing interface VLAN. DHCP Server ini digunakan untuk mengetahui apakah VLAN yang kita buat berhasil dijalankan atau tidak. Untuk membuat DHCP Server, pilih menu IP -> DHCP Server.

Tampilan Awal DHCP Server

Klik tombol DHCP Setup untuk membuat DHCP Server baru. Pada tampilan selanjutnya pilih Interface yang akan dibuatkan service DHCP, dalam hal ini adalah vlan1.

Pilih VLAN 1

Setelah pilih DHCP Server Interface, klik Next.

DHCP Address Space

Pada tampilan DHCP Address Space, tidak ada konfigurasi yang diubah, lalu klik Next.

Gateway for DHCP Network

Pada tampilan Gateway for DHCP Network, tidak ada konfigurasi yang diubah, lalu klik Next.

Address to Give Out

Pada tampilan Address to Give Out, tidak ada konfigurasi yang diubah, lalu klik Next.

DNS Servers

Pada bagian DNS Servers, biarkan kosong, lalu klik Next.

Lease Time

Pada tampilan Lease Time, tidak ada konfigurasi yang diubah, lalu klik Next. Setelah itu akan muncul pesan Setup has completed successfully. Klik OK.

Setup completed

Lakukan hal yang sama untuk membuat DHCP Server untuk interface vlan2, pada saat memilih interface, pastikan yang dipilih adalah Interface = vlan2. Berikut adalah tampilan jika sudah berhasil membuat 2 buah DHCP Server.

DHCP Server List

Sampai di sini, konfigurasi untuk Router Utama sudah selesai. Untuk konfigurasi Router Distribusi akan disampaikan pada artikel bagian 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *